√Siapkan Masa Depan Anak dengan Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini


Serangkai Kisah

Cara asik melepas imajinasi
aksaramila.my.id

Siapkan Masa Depan Anak dengan Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Posting Komentar


mengajarkan anak menabung sejak dini

Hai Mommy, semoga kabar keluarga senantiasa baik, yaa. Ketemu lagi di artikel parenting nih, Mom. Kali ini aku mau bahas tentang mengajarkan anak menabung sejak dini. Apa manfaat dan bagaimana cara mengajarkannya agar anak berhasil menabung tanpa drama? Hayuk kita simak bahasannya, Mom.

Apa Manfaat Menabung Bagi Anak-anak?

Jika ditanya manfaat menabung tentu saja sangat bermanfaat ya, Mom. Beberapa diantaranya adalah :

1.    Belajar Mencari Solusi

Apa hubungannya menabung dengan mencari solusi? Gak nyambung ya, Mom. Eits!! Jangan salah, Mom. Dengan mengajarkan anak menabung, secara tidak langsung kita mengajarkan mereka satu solusi dari permasalahan yang sedang dihadapinya.

Contoh : saat anak meminta dibelikan mainan, aku selalu bilang “Kita nabung yuk!”

Kenapa harus nabung, Mom? Sementara mungkin kita punya budget untuk langsung membelikan mereka mainan.

Karena secara tidak langsung kita mengajarkan kepada mereka, bahwa jika kita menginginkan sesuatu, kita butuh langkah pasti untuk mewujudkannya. Yaitu solusi, dalam contoh kasus di atas, apa solusinya agar bisa membeli mainan? Ya nabung.

2.    Membentuk Karakter Bijak dan Sabar

Saat anak menabung, mereka akan paham dan melatih diri bahwa menunggu hingga uang tabungan mereka cukup untuk dibelikan sesuatu perlu kesabaran.

Jika sudah terkumpul, akan timbul rasa sayang kalau harus dihabiskan saat itu juga. Hal ini melatih pribadi anak untuk bijak menggunakan uang tabungannya, dipakai secukupnya atau dihabiskan seluruhnya.

3.    Anak Lebih Mandiri

Saat orang tua dengan mudah memberikan uang atau membelikan permintaan anak, maka dengan sendirinya anak akan terus mengulang kebiasaannya. Mereka akan berpikir, bahwa hanya dengan meminta kepada orang tua, ia sudah bisa memiliki apa yang mereka mau.

Hal ini berdampak pada kemandirian anak, karakter akan terus terbentuk hingga mereka tumbuh dewasa.

Mommy ingin bukan memiliki anak dengan karakter mandiri? So, mulai lah menerapkan pembaiasaan dari sejak dini.

4.    Belajar Berhemat

Mommy, ajarkan anak untuk tidak menghabiskan seluruh uang jajannya. Ajarkan mereka untuk menyisihkan sekian persen dari jatah bulanannya. Jika merujuk pada teori para ahli, penghasilan itu dapat dibagi menjadi 50-30-20. 50% untuk biaya hidup, 30% untuk hiburan dan 20% untuk tabungan/saving.

Ada satu teori lagi dari seorang ahli perencana keuangan Prudential Syari’ah yaitu 90% dari pendapatan dibagi lagi menjadi 60-30. Dimana dari pembagian tersebut, dibagi lagi untuk dialokasikan kepada biaya hidup, hutang (jika ada), investasi dan perlindungan.

Namun teori tersebut tidak bersifat baku, bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing.

Kenapa harus menabung sejak dini?

Hal yang perlu kita tanamkan kepada anak adalah sebuah pemahaman bahwa menabung bukan hanya untuk keperluan atau keinginan yang bersifat sementara saja. Namun, menabung juga bermanfaat untuk jangka panjang.

Menabung membantu si kecil untuk mempersiapkan masa depannya, meski pun usia tidak ada yang dapat menjamin. Tetapi bukan kah lebih baik jika dipersiapkan dari sejak dini, agar rencana masa depan dapat ditata dengan matang.

Beri anak pengertian, besar atau kecil nominal yang ditabungkan bukan menjadi patokan utama. Yang perlu diperhatikan adalah usahakan agar anak tidak dengan mudah mengambil uang tabungannya hanya untuk keinginan yang sifatnya tidak terlalu urgent.

mengajarkan anak menabung sejak dini

Kapan anak diajarkan menabung?

Jika ditanya kapan, jawabannya adalah sedini mungkin. Sedini mungkin itu kapan, Mom? Saat anak sudah mulai bisa diajak berinteraksi dengan baik. Rata-rata jaman sekarang usia tiga menjelang empat tahun, anak-anak sudah bisa diajak berkomunikasi dua arah.

Terlepas dari baik buruknya informasi, anak-anak generasi alpa lebih mudah dan cepat memahami serta menyerap setiap informasi yang diterima. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk mengedukasi mereka pentingnya menabung sejak dini.

Tak apa jika mereka belum bisa memahami nilai rupiahnya, yang terpenting adalah mereka akan memahami pentingnya menabung. Tidak bisa instan, tetapi terus contohkan dan ajarkan mereka rutin menabung.

Jika dilakukan dengan konsisten, mereka akan terbiasa dan menjadi sebuah kebiasaaan bagus untuk masa depan mereka.

mengajarkan anak menabung sejak dini

Bagaimana cara mendidik anak agar mereka terbiasa menabung?

Anak bukan pendengar yang baik, tetapi mereka peniru yang ulung. Mengapa demikian? Karena mereka belajar dan memahami semua hal dengan cara melihat apa yang ada di sekitar.

Orang tua akan menjadi panutan bagi anak, jika anak diasuh dan dibesarkan oleh anggota keluarga lain selain orang tua, maka mereka akan meniru sikap dari orang yang mendampinginya.

Semua berawal dari diri kita, biasakan kita menabung meski tidak banyak. Ajak mereka untuk meniru kebiasaan baik kita, dengan cara memperlihatkan kegiatan menabung kita dan katakan pada mereka manfaat menabung.

Meski anak belum bisa memegang uang sendiri, selalu siapkan sejumlah nominal untuk ditabung di celengan mereka disetiap harinya.

Dengan begitu, mereka akan terbiasa menabung dan akan merasa ada sesuatu yang hilang jika tidak menabung sehari saja. Bukan kah kebiasaan baik ini akan terbentuk dan memberi kontribusi baik untuk masa depan mereka?

Jika mereka mulai tumbuh besar dan sudah diberikan tanggung jawab untuk memegang uang jajannya sendiri, kebiasaan baik menabung ini akan terus terbentuk. Mereka akan menyesuaikan sendiri dengan kondisi keuangan dan kebutuhan mereka.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting untuk kita tanamkan kepada anak adalah ajarkan anak untuk bisa membedakan yang mana kebutuhan dan yang mana keinginan.

Mengutamakan kebutuhan merupakan cara bijak dalam mengelola keuangan, karena jika mengikuti keinginan, maka tabungan akan habis dengan cepat.

Bagaimana Mommy, gampang kan mengajarkan anak menabung sejak dini? intinya beri mereka contoh dan pemahaman akan pentingnya menabung serta lakukan secara konsisten agar terbentuk kebiasaan yang baik. Semangat selalu ya, Mom dalam membersamai buah hati, semoga Tuhan beri kemudahan. Terima kasih sudah mampir, Mommy.

Niah Jee
seorang penyuka senja dan pecinta bintang

Related Posts

Posting Komentar