√Tips dan Persiapan Untuk Umroh Agar Nyaman dan Aman


Serangkai Kisah

Cara asik melepas imajinasi
aksaramila.my.id

Tips dan Persiapan Untuk Umroh Agar Nyaman dan Aman

Posting Komentar

 

tips umroh untuk wanita

Mengunjungi tempat wisata tentu menjadi satu hal yang menyenangkan, terlebih tempat wisata impian. Namun, perlu diperhatikan pula apa saja yang harus disiapkan agar liburan kita sukses dan nyaman.

Tempat wisata yang kalian impikan apa, Readers? kalau aku sih ingin wisata ke Mekah alias umroh. Eh itu tempat wisata bukan sih? Bukan dong, hehe. Tapi gak apa-apa lah, pokoknya kali ini aku mau berbagi tips umroh untuk wanita.

Pengertian Umroh

Menurut Wikipedia, pengertian Umroh adalah salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam. Hampir mirip dengan ibadah Haji, ibadah ini dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa ritual ibadah di kota suci Mekkah, khususnya di Masjidil Haram. (Wikipedia).

Waktu dan Pelaksanaan Umroh

Perbedaan antara Umroh dengan Ibadah Haji besar adalah terletak pada waktu dan pelaksanaannya. Jika Umroh bisa dilakukan sepanjang tahun terkecuali pada saat Idul Adha, tiga hari tasyrik dan hari Arafah karena makruh hukumnya. Maka ibadah Haji besar hanya dilakukan pada bulan Dzulhijjah saja.

Pelaksanaan ibadahnya pun tidak semua disertakan seperti pada ibadah Haji besar. Umroh hanya melaksanakan thowaf, sa’i dan tahalul. Sedangkan untuk ibadah Haji besar, selain ketiga ibadah tersebut juga melakukan wukuf, mabit serta melempar jumroh.

Meski begitu, umroh memiliki keuntamaan tersendiri, diantaranya adalah diampuni dosa, dikabulkannya doa kita, dan jika Ibadah umroh dilaksanakan pada bulan Ramadhan, maka pahalanya setara dengan Ibadah Haji besar. MasyaAlloh, luar biasa bukan keutamaan ibadah umroh ini.

tips umroh untuk wanita
dokumentasi pribadi Hj. Nelly


persiapan umroh
dokumentasi pribadi Hj. Meli

Apa Saja Persiapan Umroh Pertama Kali?

Sebagai seorang wanita tentu saja kita memiliki persiapan yang sedikit lebih ekstra dari kaum adam ya, Readers. Karena dari struktur tubuh keduanya pun memiliki perbedaan.

Beberapa hal yang harus kita persiapkan diantaranya adalah :

1.    Pakaian dan Barang Pribadi

Berapa baju yang dibawa saat umroh? Baju umroh sebaiknya warna apa?

Jika Readers pergi menggunakan jasa travel umroh, perhatikan instruksi dari agen perjalanan tersebut. Apa saja yang harus dipersiapkan untuk barang bawaan, mulai dari pakaian luar, pakaian dalam, alas kaki dan lain sebagainya.

Pada beberapa travel umroh, tidak menerapkan aturan yang mengharuskan baju umroh harus warna tertentu. Tetapi ada juga yang menerapkan aturan harus memakai baju umroh dengan warna seragam.

Pilih baju dengan bahan yang tidak mudah kusut, agar tidak perlu menyetrika saat akan digunakan.

Untuk pakaian dalam, gunakan yang sekali pakai, setelah pakai langsung buang. Hal ini menghemat waktu dan tenaga.

Persiapkan juga untuk barang dan keperluan yang sangat pribadi, seperti pembalut dan printilannya. Perhatikan siklus haid, meski telah melakukan tindakan “menahan haid”, untuk jaga-jaga tetap persiapkan segala keperluannya.

2.    Identitas Diri dan Dokumen

Cek semua dokumen yang diperlukan, mulai dari paspor, visa umroh, buku kesehatan & vaksinasi, bukti akomodasi, tiket pesawat.

Identitas diri tak kalah pentingnya untuk disiapkan seperti KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Buku Nikah (bagi yang sudah menikah), surat rekomendasi dari agen travel perjalanan umroh.

3.    Peralatan Mandi dan Kosmetik

Bawa peralatan mandi lengkap seperti sabun, pasta gigi, sikat gigi, shampoo. Bila perlu, bawa detergen untuk mencuci pakaian, agar tidak membawa baju terlalu banyak.

Namun ada pula yang lebih memilih laundry sebagai solusi untuk membersihkan pakaian yang kotor selama berada di tanah suci.

Bahkan skincare yang kita butuhkan harus masuk daftar bawaan, untuk membantu melindungi kulit dari sengatan matahari bahkan dari cuaca dingin sekalipun.

4.    Obat-obatan

Meski tubuh sedang fit, ada baiknya obat-obatan seperti obat sakit kepala, obat sakit perut, obat flu dan batuk, obat demam, plester, vitamin dan suplemen lainnya dipersiapkan untuk jaga-jaga apabila terjadi sakit yang tidak bisa diperkirakan.

Terlebih jika Readers memiliki riwayat sakit khusus yang mengharuskan mengkonsumsi obat tertentu, wajib disertakan.

5.    Peralatan Elektronik

Untuk memudahkan komunikasi, ponsel harus selalu dibawa. Demi menghindari lupa menyimpan atau terjatuh, ada baiknya ponsel selalu dikalungkan di leher beserta dengan kartu identitas.

Jangan lupa untuk menyimpan kontak pembimbing dan teman sekamar saat di tanah suci. Jika terpisah atau tertinggal dari rombongaaan, dapat dengan mudah menghubungi pembimbing atau teman sekamar.

Jangan lupakan juga charger HP, powerbank, bahkan adaptor karena bentuk stop kontak di arab biasanya berbeda dengan yang biasa ada di Indonesia.

6.    Peralatan Makan dan Minum

Di era new normal seperti sekarang ini, ada baiknya kita menjaga diri dari sebaran virus. Peralatan makan dan minum sebaiknya gunakan milik sendiri, gunakan yang praktis, sekali pakai. Agar tidak perlu mencucinya.

7.    Perlengkapan Tambahan

Readers bisa membawa topi dan kacamata, karena akan dibutuhkan saat cuaca terik. Hingga ritual ibadah dapat berjalan baik. Selain itu, masker pun dibutuhkan untuk melindungi diri dari virus yang tersebar di udara.

tips saat melaksanakan umroh
dokumentasi pribadi Hj. Meli

Sebelum Umroh Apa Yg Harus Dilakukan?

Selain perlengkapan di atas, ada beberapa hal yang harus kita ketahui sebelum umroh, diantaranya adalah :

1.    Cek Kondisi Kesehatan

Pastikan tubuh kita betul-betul fit, karena perjalanan umroh bukan untuk wisata semata. Ada serangkaian ibadah yang harus dijalankan, seperti saat thowaf misalnya. Jarak tempuh thowaf sangat tergantung pada arus putaran saat mengitari ka’bah. Semakin jarak kita jauh dengan ka’bah, maka jarak putaran saat thowaf akan semakin panjang.

Jika diumpamakan jarak pengitaran sepanjang 150 meter, maka jarak tempuh yang harus dilalui saat thowaf adalah 150 meter x 7 putaran, yaitu 1.050 meter.

Belum lagi untuk sai, maka persiapkan fisik agar kuat dalam menjalankan ibadah di tanah suci.

tips umroh untuk wanita
dokumentasi pribadi Hj. Meli

2.    Cari Tahu Musim di Arab Saudi

Di Arab Saudi, terdapat dua musim. Yaitu musim panas dan musim dingin. Dengan mengetahui musim yang sedang berlangsung, akan memudahkan kita dalam mempersiapkan perlengkapan yang harus dibawa saat umroh nanti.

Menurut salah satu sumber mengatakan bahwa cuaca di Arab Saudi di sepanjang tahunnya bervariatif antara 16°C  sampai 44°C.

Musim panas berlangsung lebih lama dari musim dingin. Saat musim panas maka akan terasa panas terik, kering dan sebagian berawan.

Musim dingin akan terasa menyenangkan, umumnya cerah.

3.    Pelajari Tentang Peraturan di Arab Saudi

Setiap negara memiliki peraturannya masing-masing. Begitu pun di Arab Saudi, sebelum berangkat ada baiknya kita mempelajari apa saja yang diperbolehkan dana pa saja yang dilarang.

Sebagai contoh, di Indonesia senyuman bisa diartikan keramahan atau pengakuan. Jika di Arab Saudi, wanita yang senyum kepada lawan jenis, dapat diartikan tengah menggoda. Maka perhatikan hal tersebut di atas.

4.    Persiapkan Dana

Biaya umroh memang tidak lah murah dan ibadah ini diwajibkan bagi yang mampu. Akan tetapi, jika sudah berniat untuk melaksanakan umroh, maka Readers bisa mempersiapkan dananya dari awal. Salah satunya dengan cara menabung.

Meski tidak sedikit yang berangkat umroh tidak menggunakan/mengeluarkan biaya sendiri. Karena kembali ke izin Alloh, jika Alloh sudah “memanggil” hamba-Nya untuk ke Tanah Suci, maka dengan jalan yang tidak terduga Alloh akan takdirkan berangkat ke Tanah Suci untuk berhaji.

5.    Manasik

Ikuti manasik sesuai dengan aturan atau jadwal yang ditetapkan oleh panitia, karena saat manasik, informasi-informasi penting mengenai segala hal yang berkaitan dengan umroh akan disampaikan kepada jamaahnya.

Saat manasik pun jamaah bisa bertanya langsung, apa saja yang masih belum dimengerti.

Sehingga saat keberangkatan tiba, kita sudah dibekali dengan ilmu yang mumpuni.

tips umroh untuk wanita
dokumentasi pribadi Hj. Nelly

Tips Selama Melaksanakan Ibadah Umroh di Tanah Suci

1.    Pastikan kita selalu bersama-sama dengan rombongan. Minimal bersama teman satu kamar jika hendak pergi kemana-mana.

2.    Ponsel dan katu identitas selalu tergantung di leher agar tidak lupa atau hilang. Simpan kontak Pembina dan teman satu rombongan.

3.    Jangan menyimpan uang di satu tempat saja, karena jika hilang, kita punya cadangan di tempat lain.

4.    Saat memasuki Masjid, ingat-ingat dari pintu berapa kita masuk dan ke arah mana kita menuju shaff salat. Hal ini untuk memudahkan saat akan keluar dari masjid.

5.    Jika akan mengikuti salat di masjid, pastikan kita berangkat satu jam sebelum memasuki waktu salat.

Well, segitu dulu ya, Readers infomasi dan tips seputar umroh. Oh iya, terimakasih untuk ibu Hj. Nelly dan Hj. Meli atas dokumentasi, tips dan informasinya.

Semoga Alloh mencatatnya sebagai amal kebaikan, Allohumma Aamiin. Readers, semoga informasi tentang tips umroh untuk wanita ini bermanfaat, yaa. Sampai jumpa di artikel lainnya.

 


 Sumber referensi :

https://id.weatherspark.com/y/101170/Cuaca-Rata-rata-pada-bulan-in-Mekkah-Arab-Saudi-Sepanjang-Tahun#google_vignette

Niah Jee
seorang penyuka senja dan pecinta bintang

Related Posts

Posting Komentar